Manfaat dan Khasiat Tanaman Jahe Untuk Kesehatan

6:18 PM
Manfaat dan Khasiat Tanaman Jahe Untuk Kesehatan - Indonesia kaya akan obat-obatan tradisional yang terkenal cukup ampuh mencegah dan mengobati banyak penyakit. Salah satu tanaman tradisional yang memiliki khasiat untuk kesehatan adalah jahe. Orang Indonesia pastilah sudah tidak asing dengan tanaman ini. Umumnya jahe digunakan sebagai minuman penghangat badan. Apalagi saat musim hujan, minuman jahe cocok sekali menemani waktu - waktu anda.

Manfaat dan Khasiat Jahe

Jahe juga kerap digunakan sebagai bumbu-bumbu dapur agar masakan lebih terasa pedas ataupun hangat. Banyak sekali manfaat jahe ini sehingga wajib bagi ibu rumah tangga untuk belanja tanaman jahe. Bahkan jahe cukup populer di international mengingat cuaca di eropa dan amerika yang dingin sehingga jahe dimanfaatkan sebagai minuman penghangat tubuh.

manfaat dan khasiat jahe
Kali ini puber akan menjelaskan beberapa manfaat dan khasiat jahe untuk kesehatan tubuh.

Melancarkan Saluran Pencernaan
Jahe memiliki kandungan enzim pencernaan yang terdiri dari protease juga lipase, dan kandungan tersebut dapat membantu roses pencernaan karena bisa mencerna protein juga lemak dengan sangat baik.

Menjaga Kesehatan Jantung
Kadar kolesterol juga trigliserida dapat diturunkan dengan mengkonsumsi jahe secara teratur. Hal tersebut juga mengartikan bahwa jahe bisa menurunkan resiko terserang penyakit jantung karena memang sifat jahe dapat meningkatkan sirkulasi darah serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

Mengobati Sakit Gigi
Jahe memiliki kandungan yang bersifat sebagai antijamur juga antibakteri. Jika seseorang memiliki kebiasaan meminum air jahe maka bisa terhindar dari serangan nyeri gusi dan juga sakit gigi.

Menangkal Radikal Bebas
Jahe mengandung antioksidan yang cukup banyak sehingga dapat membantu tubuh untuk menetralkan radikal bebas yang bisa merusak kesehatan.

Mencegah Kanker
Khasiat jahe juga sangat baik untuk mencegah beberapa jenis kanker. Jika jahe diekstrak maka dipercaya sangat ampuh untuk menghambat pertumbuhan bebeberapa jenis sel kanker, terutama kanker usus besar yang membahayakan tubuh.

Menyembuhkan Migrain
Berdasarkan pada hasil sebuah studi jahe bisa menghentikan prostaglandin yang merupakan faktor penyebab datangnya rasa sakit di kepala. Dengan hal tersebut maka jahe memiliki manfaat yang sangat baik untuk menyembuhkan migrain atau sakit kepala sebelah.

Mengontrol Kadar Gula Darah
Beberapa ahli kesehatan di dunia menyarankan kepada pasien yang terkena diabetes untuk meminum jayhe di pagi hari, hal tersebut karena jahe bisa mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat tanaman jahe untuk kesehatan. Oleh karena itu dianjurkan untuk mengkonsumsi jahe baik itu dalam bentuk minuman maupun makanan yang mengandung jahe. Namun untuk penderita maag tidak disarankan karena efek tanaman jahe yang pedas dapat mengganggu kondisi lambung.

Sekian artikel kami mengenai manfaat dan khasiat tanaman jahe untuk kesehatan semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi anda.

Advertisement

Artikel Terkait

Previous
Next Post »